Cat Epoxy Adalah investasi Untuk Lantai Bisnis Anda!

Cat Epoxy Adalah investasi Untuk Lantai Bisnis Anda!

Cat Epoxy adalah salah satu alat investasi bisnis ada berbagai macam.  Manfaat yang didapat akan lebih banyak jika menggunakan pelapis lantai epoxy, dibandingkan menggunakan jenis resin lain untuk lantai. Epoxy dikenal sebagai resin dengan kekuatan tertinggi di industri. Mereka menawarkan ikatan terkuat antara resin dan tulangan dan memungkinkan konstruksi bagian paling ringan dan modul paling tahan lama.

Cat Epoxy adalah adalah perekat, cat, plastik, atau bahan lain yang dibuat sebagai polimer epoksida. Istilah “epoxy” digunakan untuk mendeskripsikan lapisan yang dibuat dari dua komponen, yang berarti, campuran kombinasi dari dua bahan kimia yang berbeda, yang disebut sebagai “resin”. Ini mengklasifikasikan epoksi sebagai kopolimer. Secara kimiawi, resin tersusun dari polimer rantai pendek, yang pada ujungnya mengandung gugus epoksida.

Cat Epoxy biasanya dipilih karena sifat mekaniknya yang sangat baik dan stabilitas dimensinya. Ketika diaplikasikan dengan benar, lantai epoksi menawarkan ketahanan kimia dan panas yang baik, dan penyusutan yang sangat rendah. Resin epoksi adalah pilihan yang sangat baik untuk perbaikan karena resin ini terikat pada bahan yang berbeda dan bahan yang diawetkan sebelumnya. Sebagian besar resin epoksi dapat diawetkan dengan panas untuk meningkatkan kekuatan, suhu layanan, dan stabilitas dimensinya. Suku cadang harus diawetkan pada suhu yang sesuai atau melebihi suhu servis maksimumnya; jika tidak, epoksi bisa melengkung atau terdistorsi. Pengikatan cat epoksi menawarkan kekuatan yang tidak dapat ditandingi oleh bahan umum lainnya, seperti vinilester atau poliester.

 

Epoxy Flooring adalah...

Epoxy menjadi semakin populer sebagai opsi lantai dalam aplikasi perumahan, komersial, dan industri. Pelapis lantai epoksi biasanya merupakan sistem dua bagian yang terdiri dari resin Bagian A dan pengeras Bagian B. Aditif khusus seperti kontrol aliran, penghambat UV, promotor adhesi, akselerator, dll, ditambahkan untuk membuat pelapis yang bekerja dengan baik dalam berbagai macam aplikasi lantai. 

Dengan menggunakan aditif khusus ini, pelapis lantai epoksi diformulasikan untuk mencapai karakteristik kinerja berbeda yang diinginkan seperti pengeringan yang lebih cepat, peningkatan ketahanan abrasi, ketahanan kimia yang lebih tinggi, viskositas yang lebih tinggi atau lebih rendah, dan banyak lainnya. Pigmen berbeda, agregat kuarsa berwarna dekoratif, serpihan vinil, kilau, dan aditif lainnya ditambahkan ke resin lantai epoksi untuk mencapai kinerja dan karakteristik estetika yang berbeda. Terakhir, berbagai jenis campuran pasir agregat (bubur, sekop, siaran, dll) juga dapat ditambahkan ke epoksi untuk menciptakan sistem lantai yang lebih tebal, lebih tahan lama, dan menambahkan tekstur anti selip. Epoxy Floor Coatings adalah opsi lantai yang sangat serbaguna dan dapat dibuat dan diterapkan dalam berbagai macam kinerja dan karakteristik estetika.

 

Baca juga artikel kita berjudul 5 Tahapan Aplikasi Epoxy Lantai

Sejarah Epoxy

Cat epoxy adalah polimer yang  diperkenalkan oleh Pierre Castan di Swiss, pada tahun 1936 melalui pengawetan dengan anhidrida asam ftalat. Pada tahun 1946, resin epoxy pertama kali ditawarkan secara komersial, di pameran industri Swiss. Saat ini, epoxy adalah sesuatu yang digunakan dalam beragam industri, dan terutama untuk industri bangunan dan konstruksi. 

Industri lain yang digunakan epoxy termasuk aplikasi kedirgantaraan dan pesawat, otomotif dan balap, aplikasi kelautan, militer dan pertahanan, dan aplikasi olahraga termasuk papan seluncur salju, ski, atau tongkat hoki, dan bahkan untuk industri makanan, industri farmasi, dan manufaktur lainnya. 

Epoxy Lantai 2

Lebih tepatnya resin epoxy merupakan hasil dari reaksi kimia yang dikenal dengan istilah curing. Curing adalah proses kimia yang melibatkan bahan kimia bersama dengan epoksida, dikenal sebagai bahan pengawet, atau pengeras. Mekanisme pengerasan dibuat melalui ikatan silang rantai polimer. Hasil pengawetan inilah yang menciptakan polimer termoset epoxy, yang memiliki ketahanan, daya tahan, keserbagunaan, dan daya rekat yang berbeda. Pengeringan epoxy dimulai melalui panas dan suhu tinggi. Dengan kata lain, epoksi adalah zat termoseting. Jika suhu sekitar tidak cukup untuk membuat proses curing, maka curing tidak akan terjadi. Epoxy tidak dapat disembuhkan setelah disembuhkan.

Ada berbagai bentuk resin epoxy yang memiliki kemampuan untuk digabungkan, bergantung pada hasil yang diinginkan individu. Solusi epoxy yang lebih disesuaikan dapat dibuat melalui pencampuran peliat, pengisi, atau aditif. Aditif ini digunakan untuk menyesuaikan properti akhir untuk penggunaan individu.

Pelapis lantai epoxy biasanya digunakan untuk lantai komersial dan industri. Lapisan epoxy biasanya diaplikasikan di atas lantai beton untuk menghasilkan permukaan yang berkinerja tinggi, halus, dan tahan lama yang dapat bertahan bertahun-tahun dan menahan beban berat. Banyak lokasi industri, gudang, dan bangunan komersial mengandalkan lantai epoksi untuk menjaga kondisi bersih dan aman bagi pekerja, peralatan, dan inventaris.

Fungsi Cat Epoxy Lantai Untuk Bisnis Kita

Pelapis lantai epoksi menawarkan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan pelapis tradisional lainnya yang diaplikasikan di atas beton:

  • Menciptakan permukaan mengkilap tinggi yang dapat meningkatkan kecerahan area interior secara signifikan
  • Menawarkan permukaan tahan lama yang tahan lama yang mampu menahan lalu lintas yang padat dan terus menerus
  • Cepat dan mudah dipasang, tidak memerlukan tata letak, memotong perekat tambahan, atau perkakas atau perlengkapan khusus
  • Tahan lama dan mudah dibersihkan
  • Ideal untuk gudang dan aplikasi industri
  • Tahan noda minyak dan air
  • Menciptakan permukaan mulus yang dapat bertahan bertahun-tahun
  • Dapat dikombinasikan dengan cat dan warna untuk menutupi keripik dan retakan
  • Memberikan permukaan tahan bahan kimia yang ideal untuk pabrik
  • Menawarkan keamanan yang ditingkatkan jika permukaannya mengandung aditif anti selip
  • Dapat diterapkan dalam pola yang berbeda untuk membuat jalan masuk yang terlihat dan / atau mengidentifikasi area yang dapat dilalui dengan berjalan kaki
  • Mencegah keausan pada lantai beton yang ada
  • Mungkin kompatibel dengan produk self-leveling yang dapat diaplikasikan di atas beton baru atau lama, tergantung pada produknya
  • Membutuhkan sedikit atau tanpa perawatan besar

Bagaimana persiapan pelapisan lantai epoxy?

Lapisan epoxy membutuhkan permukaan yang bersih dan sedikit berpori agar dapat merekat dengan baik. Epoxy mungkin tidak terikat pada beton yang disegel atau dipoles. Beton juga harus benar-benar kering. Sebelum mengaplikasikan lapisan epoksi lantai, penting untuk menambal dan memperbaiki semua retakan dan keripik utama pada permukaan beton dan untuk menghilangkan semua minyak.

Jika beton sudah tua, uji permukaan untuk lapisan epoxy sebelumnya atau produk lain yang mungkin telah diterapkan selama bertahun-tahun. Untuk menguji sealant, tuangkan sedikit air ke lantai. Ini harus meresap ke dalam. Jika butiran air di permukaan daripada meresap, kemungkinan telah disegel dan mungkin tidak cocok untuk lapisan epoxy.

Sebelum mengaplikasikan lapisan epoksi, pastikan suhunya sesuai, dan ikuti semua rekomendasi pabrikan. Suhu yang tidak baik dapat menyebabkan epoksi menggelembung dan mengelupas. Epoxy adalah cairan dua bagian yang Anda campur sebelum aplikasi. Setelah produk tercampur, Anda memiliki waktu terbatas untuk mengaplikasikan lapisan epoksi sebelum mulai mengeras.

Penggunaan Epoxy Primer

Bergantung pada produk yang diaplikasikan, Anda mungkin perlu mengaplikasikan primer epoksi dan lapisan finisher. Primer diterapkan seperti cat dan dibiarkan mengendap selama beberapa jam sebelum epoksi berlangsung. Untuk mengaplikasikan primer, tutupi lantai dengan selapis tipis air, lalu sebarkan primer dengan roller pin pada tiang, sebarkan dalam lapisan tipis ke seluruh lantai. Biarkan primer mengering, lalu aplikasikan lapisan kedua. Finisher diterapkan dengan cara yang sama seperti primer tetapi tanpa lapisan air.

Proses Aplikasi Epoxy Lantai

Proses aplikasi pelapisan lantai epoksi penting untuk memastikan aplikasi pelapis lantai epoksi yang benar. Penerapan lapisan epoxy lantai meliputi penerapan berbagai lapisan. Ini termasuk fase lapisan cat dasar, fase lapisan lapisan tubuh, dan fase lapisan lapisan atas. Ini menciptakan lantai yang lebih tebal dan lebih tahan lama dibandingkan lantai yang hanya memiliki satu dari dua lapisan cat.

Pada saat proses aplikasi epoxy floor coating, hal pertama yang harus dipastikan adalah lantai beton sudah digerus dan dalam kondisi baik. Permukaan lantai harus disiapkan agar dapat menerima lapisan baru lapisan epoxy pada bagian atasnya. Persiapan meliputi penghapusan partikel debu, penggilingan, peledakan tembakan, dan skarifikasi. Fase selanjutnya adalah fase priming. Selama pelapisan dasar, cat dasar harus masuk jauh ke dalam lantai, memastikan kondisinya baik untuk diaplikasikan.

Setelah fase priming, tahap selanjutnya terdiri dari pengisian semua lubang lantai yang terlihat dan retakan yang terlihat, dengan epoksi. Ini adalah aplikasi lapisan pertama pada sistem lapisan epoksi. Setelah penerapan ini, lantai harus digerinda ringan, diampelas, dan dilapisi ulang. Untuk menguji sealant, air dalam jumlah yang padat dapat diaplikasikan ke lantai. Jika air tidak terendam, maka kemungkinan besar lantai tersebut belum sesuai dan siap untuk tahap aplikasi pelapisan epoxy floor. Selama fase pelapisan epoksi kedua, resin epoksi dicampur bersama dengan produk pengeras epoksi, memastikan bahwa seluruh komponen dikosongkan. Sekali lagi, semua debu yang terlihat harus dihilangkan, untuk mencapai hasil akhir yang sesuai.

Penting untuk dicatat bahwa resin epoksi didasarkan pada panas dan reaksi kimia; namun, resin epoksi cenderung stabil secara signifikan pada suhu kamar. Proses pengawetan hanya dimulai ketika resin epoksi menciptakan reaksi dengan bahan pengawet lain.

0/5 (0 Reviews)
Review

Summary

Cat Epoxy adalah salah satu alat investasi bisnis ada berbagai macam.  Manfaat yang didapat akan lebih banyak jika menggunakan pelapis lantai epoxy, dibandingkan menggunakan jenis resin lain untuk lantai. Epoxy dikenal sebagai resin dengan kekuatan tertinggi di industri. Mereka menawarkan ikatan terkuat antara resin dan tulangan dan memungkinkan konstruksi bagian paling ringan dan modul paling tahan lama.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *