Cat Lantai 3D : Yang perlu Anda ketahui sebelum memilih!

Cat Lantai 3D : Yang perlu Anda ketahui sebelum memilih!

Cat Lantai 3D memberikan gambar yang menakjubkan, yang semuanya 3 dimensi. Gambar-gambar tersebut kemudian dilapisi resin epoksi. Saat memilih gambar Anda, pastikan resolusi tinggi, Anda tidak ingin buram dan merusak efeknya. Memilih gambar ukuran yang tepat juga penting, setelah cat lantai 3D selesai, itu harus memberikan gambar akhir yang realistis. Desain lantai 3D sepenuhnya terserah Anda, hanya saja Anda harus memperhatikan mengenai sudut dan resolusi gambar. Tentu saja di Zhengou, Anda dapat memilih desain dan gambar sendiri. 

 

Pro dan Kontra terhadap Lantai 3D

Pro menggunakan lantai 3D

  • Lantai epoksi 3D akhir mudah dirawat dan sangat tahan lama
  • Anda dapat memilih untuk mendapatkan hasil akhir matt atau gloss
  • Lantai 3D memberikan permukaan anti selip, yang sangat bagus untuk alasan keamanan, terutama jika Anda memiliki anak berlarian
  • Desain lantai 3D dilapisi dengan resin epoksi, membuat lantai tahan terhadap goresan, benturan, dan bahkan tahan terhadap tumpahan bahan kimia
  • Desain Anda dapat diperpanjang lebih dari cat lantai 3D, cocok dengan cat dinding, atau wallpaper, gambar, bantal, dll. Buat ruangan Anda sendiri
  • Buat desain lantai 3D Anda sendiri, cetak foto atau gambar lain yang Anda pilih. Karena Anda dapat menggunakan hampir semua gambar, imajinasi Anda tidak terbatas
  • Setelah lantai grafis 3D Anda selesai, Anda akan memiliki ruang mengesankan yang unik untuk dinikmati keluarga dan teman Anda

Kontra menggunakan lantai 3D

  • Jika Anda ingin mengganti atau menghapus lantai epoksi 3D, ini sangat sulit
  • Penyiapan dan pemasangan bisa mahal
  • Memasang lantai 3D Anda dapat memakan banyak waktu untuk menyelesaikannya
  • Saat membuat lantai epoksi DIY, lebih baik jika kontraktir berpengalaman dapat melakukannya.

Bahan Lantai 3D

Untuk membuat cat lantai 3D, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Desain atau gambar lantai Anda, bisa menggunakan stiker lantai ataupun cetakan gambar
  • Roller Plastik untuk mengaplikasikan resin secara merata
  • Squeegee untuk meratakan desain lantai 3D
  • Primer yang rata dengan sendirinya
  • Alat pembersih untuk membuang kotoran di lantai


2 Tahap Aplikasi Cat Lantai 3D

Pelapisan Cat Dasar (Priming Substrat)

 

Sebelum Anda memulai cat lantai 3D, permukaan lantai harus benar-benar bersih dan bebas dari kotoran, debu, dan bekas gemuk. Faktor penting lainnya saat mengerjakan lantai 3D adalah lantainya harus rata. Jika tidak rata, hasil akhir gambar 3D akan terpengaruh. Jika ada retakan lantai, ini harus ditutup dengan dempul. Biarkan ini benar-benar kering lalu bersihkan permukaannya, sebaiknya menggunakan penyedot debu. Tepi lantai harus disegel, membuatnya tahan air. 

Untuk menyegel, Anda bisa menggunakan strip isolasi. Kadang-kadang, permukaan harus dikeraskan untuk memberikan daya rekat yang lebih baik pada primer, tetapi ini tergantung pada jenis lantai atau substrat. Sekali lagi, substrat harus benar-benar kering agar perekat dapat merekat dengan benar saat diaplikasikan. Setelah Anda membersihkan dan membiarkan permukaannya mengering, Anda dapat mengoleskan primer epoksi yang bisa meratakan sendiri. Ini akan menciptakan permukaan rata yang ideal. Biarkan ini benar-benar kering.

 

Saat menempelkan gambar Anda ke lantai, Anda bisa menggunakan perekat resin epoksi dua bagian atau lem berkualitas tinggi. Oleskan perekat ke permukaan lantai menggunakan spatula bergigi. Kemudian Anda dapat mengambil gambar cetakan Anda dan meletakkannya di lantai menggunakan roller tekanan karet. Untuk mengerjakan semuanya, perlu waktu kurang lebih 45 menit sampai satu jam. Jika Anda telah menggunakan perekat resin, pastikan Anda memperhatikan masa pakai panci atau waktu pengerjaannya. Setelah hasil cetak turun, bersihkan gelembung atau kerutan menggunakan alat pembersih yg terbuat dr karet. Gunakan sapuan yang merata dengan alat pembersih yg terbuat dr karet dimulai di tengah gambar dan bergerak keluar.

Menyegel Lantai 3D dengan PU Resin

Setelah gambar turun dan permukaannya rata tanpa kerutan, Anda bisa mulai membaurkan resin. Gabungkan resin dan pengeras Anda dalam proporsi yang sama atau seperti yang ditentukan oleh pabrikan. Ikuti instruksi dengan tepat, karena resin tidak akan mengeras dengan benar jika Anda tidak mengikuti rasio yang benar. Terlalu banyak bahan pengeras dan lantai menjadi keropos, terlalu sedikit dan resin mungkin tidak mengeras dengan baik. Pastikan untuk memadukan kedua komponen secara menyeluruh. Setelah Anda mulai, masa pakai pot adalah sekitar 30 menit hingga 45 menit. Resin akan mulai mengeras setelah waktu ini, jadi perhatikan waktu pemrosesan Anda. Dengan menggunakan roller, aplikasikan campuran resin ke lantai secara merata. Gosok resin dengan roller beberapa kali untuk membantu mencegah gelembung. Setelah seluruh lantai ditutup, resin harus dibiarkan mengering. Waktu pengeringan sekitar 24 jam tetapi dapat bervariasi sesuai dengan produk, suhu, dan aliran udara. Setelah 24 jam, aplikasikan lapisan resin lain, ini akan membantu meningkatkan daya tahan permukaan. Biarkan 24 jam lagi untuk mengeras.

 

Saat bekerja dengan resin, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan keamanan. Pastikan untuk menggunakan kacamata pelindung, sarung tangan, pakaian dan masker pernapasan. Ruang tempat Anda bekerja juga harus berventilasi baik. Anda dapat menambahkan lapisan penutup kedua dan terakhir, yang akan meningkatkan ketahanan terhadap goresan. Biarkan lantai mengering sepenuhnya selama sekitar satu minggu, setelah itu, Anda dapat memindahkan furnitur ke permukaan.

FAQ mengenai Lantai 3D

Di mana saya bisa mendapatkan desain lantai 3D?

Saat ini, dunia digital mudah diakses dan gambar 3D seharusnya cukup mudah ditemukan atau bahkan dibuat sendiri. Pertama, Anda dapat membuat gambar sendiri dari foto yang telah Anda ambil, atau Anda dapat memilih gambar secara online. Jika Anda memilih gambar online, pastikan untuk memeriksa lisensi dan perjanjian penggunaan. Situs gambar online memang memiliki opsi gratis, tetapi gambar lain memerlukan biaya sekali pakai, atau Anda mungkin perlu berlangganan untuk mendapatkan akses. Beberapa perusahaan mengkhususkan diri pada lantai 3D dan dapat memberi Anda hasil cetak untuk lantai Anda.

Kedalaman apa yang bisa di dapat untuk lantai 3D?

Kedalaman minimum lantai 3D adalah 1,5 mm. Ini termasuk ketebalan hasil cetak Anda dan lapisan resin

Berapa lama lantai grafik 3D bertahan?

Jika lantai 3D dirawat dengan baik, yang mudah dilakukan, bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Umumnya, Anda dapat mengharapkan lantai epoksi 3D bertahan selama 10 hingga 15 tahun. Waktu terutama tergantung pada seberapa banyak lalu lintas pejalan kaki yang ada.

5/5 (1 Review)
Review

Summary

Cat Lantai 3D memberikan gambar yang menakjubkan, yang semuanya 3 dimensi. Gambar-gambar tersebut kemudian dilapisi resin epoksi. Saat memilih gambar Anda, pastikan resolusi tinggi, Anda tidak ingin buram dan merusak efeknya. Memilih gambar ukuran yang tepat juga penting, setelah cat lantai 3D selesai, itu harus memberikan gambar akhir yang realistis. Desain lantai 3D sepenuhnya terserah Anda, hanya saja Anda harus memperhatikan mengenai sudut dan resolusi gambar. Tentu saja di Zhengou, Anda dapat memilih desain dan gambar sendiri.!

Sending
User Review
5 (4 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *