Epoxy Lantai Kedap Air, Perlindungan pada Permukaan Lembab

Epoxy Lantai Kedap Air, Perlindungan pada Permukaan Lembab

Industri Lantai Kedap Air

Saat memiliki bisnis yang bersinggungan erat dengan air/cairan, tentunya kita harus memperhatikan dengan detail fasilitas dan perabotan. Sebut saja industri di bidang  makanan, listrik, produksi obat-obatan, dan pergudangan merupakan beberapa industri yang berhubungan dengan cairan. Selain itu ada juga industri seperti outdoor grandstand stadium olahraga, fasilitas olahraga, kolam renang, dinding luar dan dalam, dan jembatan yang tidak jauh dari cairan. Industri jenis ini memiliki problematika yang sama, yaitu permukaan area yang lembab dan mudah basah.

Industri yang cocok dengan Epoxy Lantai Kedap Air

Terkadang pemilik bisnis akan cepat menyimpulkan solusi dari problematika tersebut adalah penggunaan keramik sebagai pelapis permukaan lantai. Tetapi, apakah benar keramik adalah lapisan yang dibutuhkan? Tidak jarang, penggunaan keramik justru menimbulkan permasalahan lainnya. Untuk itu mari kita lihat perbandingan menggunakan lantai keramik dan epoxy.

Penggunaan lantai keramik

Kelebihan Lantai Keramik:

  • Relatif mudah didapatkan
  • Relatif mudah untuk dipasang,
  • Memiliki pola dan ukuran beragam

Kelemahan Lantai Keramik:

  • Permukaan yang licin
  • Tidak tahan terhadap beban alat berat dan benturan yang keras
  • Tingkat kerapuhan tinggi
  • Waktu pemasangan yang cukup lama
  • Tidak waterproof

Penggunaan lantai epoxy

Kelebihan Lantai Cat Epoxy:

  • Permukaan anti licin
  • Ketahan yang tinggi terhadap beban alat berat, gesekan, dan benturan yang keras
  • Ketahan yang tinggi terhadap zat kimia dan bakteri
  • Mudah dibersihkan
  • Pembersihan lantai epoxy tidak memerlukan bahan khusus
  • Tampak cantik dan elegan
  • Jangka waktu pemakaian dapat mencapai 10 tahun lamanya

Kelemahan Cat Lantai Epoxy:

  • Sulit untuk diaplikasikan, harus dilakukan oleh tenaga profesional yang terpercaya, seperti Zhengou sebagai penyedia jasa cat lantai epoxy yang memiliki jam terbang internasional.

Karakteristik Epoxy Lantai Kedap Air

Karakteristik lapisan epoxy dalam fasilitas ini adalah lantai epoxy yang larut dalam air, tidak berjamur, tidak beracun, awet, dan ramah lingkungan. Dalam proses pengaplikasiannya, terdapat lapisan epoxy primer yang berbahan dasar air, diikuti dengan ketiga lapisan epoxy mortar, lapisan epoxy dan epoxy lapisan akhir yang keduanya sama berbahan dasarkan air.

Sistem waterbased ini tidak berbau, mempunyai resistansi terhadap bahan-bahan, tahan panas, mempunyai stabilitas UV yang baik, resistensi akan warna yang menguning, dengan tingkat penyusutan yang rendah.

Lantai Epoxy

Apa saja manfaat Epoxy Lantai Kedap Air?

Sesuai dengan namanya, sistem lantai epoxy waterproofing ini akan membuat failitas Anda menjadi anti bocor. Hal ini dikarenakan air tidak bisa menembus permukaan lantai, sehingga leveling bangunan Anda dijamin lebih aman dan jauh lebih awet.

Setelah dilapisi oleh cat epoxy, fasilitas Anda juga akan menjadi lebih kuat dengan lapisan yang kedap air. Pasalnya, air mempunyai sifat yang mendapat mengikis bangunan. Jika fasilitas Anda tidak dilapisi dengan material tahan air, seperti cat epoxy, maka fasilitas Anda akan rentan rusak dan tidak aman. Misal, lantai bisa tergenang, basah, dan terkikis.

Aplikasi dari cat epoxy yang rentan air ini juga dapat menjadikan anggaran efisien, pengeluaran pun bisa lebih terkontrol.

Dengan sistem lantai epoxy berbahan dasar air, tingkat ketebalan pun dapat disesuaikan. Adapun permukaan yang penting untuk diberikan waterproofing, dapat diprioritaskan pemakaiannya.

Cat epoxy sangat disarankan untuk dipakai dalam melapisi lantai supaya tidak menimbulkan kebocoran. 

Tahapan Melakukan Epoxy Lantai Kedap Air

Sistem pelapisan tahan air lapisan epoksi Sangat disarankan agar pelapis epoksi digunakan untuk mengecat lantai untuk menghindari kebocoran. Berikut ini adalah metode pelapisan epoksi yang digunakan untuk lapisan kedap air: 

1. Persiapkan lantai yang akan dilapisi

Permukaan lantai harus bersih, bebas dari kotoran, minyak atau minyak. Semua instalasi pipa juga harus terpasang rapi dan terlindungi (grouting). Kemudian gunakan pahat beton atau pengikis untuk mengikis lantai dan permukaan dinding yang berpori. Kemudian, gunakan sikat kawat untuk membersihkan dan membasuh permukaan lantai dan dinding serta debu, lalu bilas dengan air bersih.

2. Berikan satu lapisan Epoxy Primer berbahan dasar air

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan membran anti air dari sudut pertemuan lantai dan dinding dengan menggunakan roller atau sikat. Setelah mengaplikasikan lapisan pertama, ratakan dengan kain kasa dan kembalikan dengan cat tahan air. Di sepanjang sudut antara lantai dan dinding, fiberglass juga harus digunakan untuk memperkuatnya.

3. Kemudian ratakan lapisan tengah mortir berbahan dasar air dengan trowel

Untuk mendapatkan permukaan lantai yang halus dan rapi, maka lapisan tengah lantai perlu diratakan dengan alat yang sesuai. Proses ini dapat diulang beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Epoxy Lantai Kedap Air Batch coating yang berbahan dasar air

Kegiatan pelapisan epoxy dilanjutkan dengan coating berbahan dasar air. Tentunya jumlah lapisan berbahan dasar air ini disesuaikan dengan kebutuhan dan industri. Semakin lembab permukaan lantai, tentunya akan semakin banyak lapisan yang dibutuhkan.

5. Epoxy lapisan akhir berbahan dasar air, roll paint 2 lapis atau gunakan trowel paint 1 lapis

Setelah semua dilakukan, maka lapisan terakhir pada pengerjaan epoxy lantai ini juga berbahan dasar air. Kontraktor bisa meratakan lapisan ini dengan roll paint ataupun trowel untuk mendapatkan permukaan yang sempurna.

Bagaimana tahapan aplikasi epoxy? Cek disini!

Nah itulah dia segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai Epoxy Lantai Kedap Air. Tentunya sebagai pemilik bisnis, Anda harus memperhitungkan dengan cermat problematika apa saja yang menanti Anda jika berada di industri serupa. Epoxy Lantai jenis ini hadir sebagai solusi bisnis Anda agar lebih tahan lama dan bebas lapuk. 

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim Zhengou Group, solusi seluruh  kebutuhan epoxy untuk lantai bisnis Anda! Hubungi tim kami di sini untuk mengetahui lebih lanjut. 

0/5 (0 Reviews)
Review

Summary

Sesuai dengan namanya, sistem lantai epoxy waterproofing ini akan membuat failitas Anda menjadi anti bocor. Hal ini dikarenakan air tidak bisa menembus permukaan lantai, sehingga leveling bangunan Anda dijamin lebih aman dan jauh lebih awet.

Setelah dilapisi oleh cat epoxy, fasilitas Anda juga akan menjadi lebih kuat dengan lapisan yang kedap air. Pasalnya, air mempunyai sifat yang mendapat mengikis bangunan. Jika fasilitas Anda tidak dilapisi dengan material tahan air, seperti cat epoxy, maka fasilitas Anda akan rentan rusak dan tidak aman. Misal, lantai bisa tergenang, basah, dan terkikis.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *