Epoxy Mortar, Solusi Lantai Industri Berat

Epoxy Mortar, Solusi Lantai Industri Berat

Epoxy mortar sudah sering digunakan oleh berbagai perusahaan terutama industri berat. Tahukah Anda bahwa jenis epoxy satu ini adalah lapisan yang paling kuat dan kokoh di antara jenis epoxy lainnya? Tanpa perlu diragukan lagi, epoxy lantai satu ini sangat tahan terhadap benturan, bahan kimia, dan merupakan yang paling tahan lama.

Kandungan epoxy ini adalah campuran bahan pembuat epoxy yang bersifat keras dan kokoh. Kegunaan dari jenis epoxy satu ini adalah sebagai pengisi ruang dalam bangunan. Daya tahan epoxy satu ini paling tinggi karena sistem lantai dari jenis epoxy yang disempurnakan kemampuannya dengan penambahan komponen khusus, hasilnya membuat sistem lantai Anda memiliki ketahanan ekstra terhadap benturan dan kimia, serta proses pengeringan yang super cepat.

epoxy mortar

Saat memilih pelapis lantai terbaik untuk suatu area dalam fasilitas komersial atau industri, kondisi di mana area tersebut akan terpapar harus dipertimbangkan. Untuk area yang mengalami lalu lintas pejalan kaki dan lalu lintas kendaraan ringan sesekali, lapisan beton yang relatif ringan mungkin cukup untuk melindungi dari keausan sehari-hari. Banyak fasilitas industri juga mencakup area yang secara teratur akan mengalami kondisi ekstrim, seperti penyimpanan dan pergerakan beban berat, dan lalu lintas dengan forklift dan kendaraan berat lainnya. Lantai di area seperti itu akan membutuhkan perlindungan yang lebih besar untuk terus bekerja dengan baik dari waktu ke waktu.

Sistem mortar epoksi sering kali merupakan pilihan lantai yang layak untuk area yang membutuhkan tingkat perlindungan ekstra; Pelapis lantai mortar epoksi dapat menahan beban berat, membantu melindungi pelat beton dari lubang, dan memiliki ketahanan abrasi yang sangat baik untuk menahan pergerakan alat berat. Mereka juga dapat membantu mencegah insiden terpeleset dan jatuh dengan menambahkan tekstur tambahan untuk meningkatkan keselamatan pekerja.

Epoxy Mortar untuk Lantai Pabrik

Epoxy ini cocok untuk sistem lantai industri berat. Mengapa? Komponen kimia mortar yang keras dan prosesnya pengeringannya yang super cepat!

Setiap bangunan pasti memiliki situasi berbeda-beda, begitu pula dengan kondisi fasilitas lantai.

Kejadian yang sering dialami konsumen saat terjadi pemasangan sistem lantai epoxy bar adalah kami menemukan  fasilitas mereka dalam kondisi lantai yang tidak layak, misal, permukaan yang terdapat lubang atau tidak rata.

Hal ini akan memakan waktu bila menambal dan memperbaiki keretakan dan kerusakan lain di permukaan beton menggunakan material yang biasa.

Epoxy Mortar

Bagaimana Proses Pengerjaan Epoxy Lantai Mortar?

Perawatan Lantai Asli

Aplikator lantai epoksi profesional melakukan prosedur persiapan substrat, yang diperlukan untuk memastikan adhesi antara cat lantai epoksi dan substrat. Metode yang cocok adalah pengamplasan atau penggilingan. Permukaan yang terkontaminasi oli mungkin juga memerlukan pembersihan kimiawi.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu di lantai sebelum memulai aplikasi epoxy primer. Jika tidak, berbagai partikel akan terperangkap di lapisan dan daya rekat epoxy lantai akan melemah secara signifikan. Semakin sedikit debu di permukaan, semakin sedikit epoxy  primer yang dibutuhkan.

Coating Menggunakan Epoxy Primer

Selalu pastikan untuk melapisi lantai dengan epoxy primer terlebih dahulu. Epoxy primer akan membuat lantai Anda memiliki daya tahan yang lebih tinggi dan masa pakai yang lebih lama, serta daya rekat yang lebih baik pada bidang. Epoxy Primer akan menutupi substrat dan menghilangkan risiko gelembung dan gas, selain itu tahap ini juga membantu mengurangi jumlah cat yang dibutuhkan nantinya. Pastikan area tersebut berventilasi baik.

kandungan epoxy mortar

Batch Coating menggunakan Epoxy jenis Mortar

Biasanya ketebalan mortar epoksi ini antara 3-10 mm. Penggunaan mortar epoksi cocok untuk acara-acara berikut: pabrik, ruang mesin, gudang, dapur komersial, garasi, dan area servis tempat alat berat (seperti masa pakai bucket) sering digunakan. Komposisi mortar epoksi adalah mencampurkan resin epoksi dengan pengeras dan pasir silika dan menggunakannya sesuai proporsi yang dianjurkan. Ini menghasilkan ketahanan maksimum mortar terhadap tekanan dan tegangan. Berdasarkan perkiraan kasar, ketahanan tekan mortar epoksi dengan ketebalan 5 mm jauh lebih kuat dibandingkan dengan mortar semen dengan ketebalan 5 cm. Keunggulannya terletak pada penggunaan resin epoksi sebagai bahan perekat. Mortar pada proyek epoxy floor digunakan sebagai pelapis pada permukaan lantai beton sebelum pengecatan.

Batch Coating Menggunakan Dempul Epoxy

Gunakan rol berkualitas baik, karena rol berkualitas buruk mudah rontok. Anda harus bisa mengecat ulang setelah 24 jam. Keesokan harinya, Anda mungkin melihat berbagai masalah, seperti retakan, lubang, dll. Sebelum memulai lapisan berikutnya, pastikan untuk menambalnya. Anda mungkin juga perlu mengampelas beberapa permukaan yang tidak rata setelah lapisan pertama. Jika perlu, tunggu sampai benar-benar kering sebelum dilapisi kembali.

Coating dengan Finishing Epoxy

Pastikan semua lubang dan retakan telah terisi dan tidak ada debu. Jika tidak, Anda akan melihat tekstur yang tidak sedap dipandang pada permukaan akhir. Kemudian lapisi lantai dengan top coat atau dengan pelapis terakhir.

Perbaikan untuk Sistem Lantai Industri Berat

Lantai beton sering dipakai untuk industri yang memerlukan system lantai dengan tingkat benturan tinggi atau abrasi ekstrim.

Tanpa sistem lantai beton industri yang tepat, permukaan lantai beton Anda dapat retak, melengkung, atau lebih parah lagi menyerang struktur beton, membentuk lubang dan fraktur yang memerlukan perbaikan lebih mahal.

Untuk itu, kami mempunyai berbagai metode perbaikan retak lantai Anda dan merekomendasikan solusi yang paling tepat.

Bagaimana sistem Epoxy Mortar?

Sebagai solusi perbaikan beton permanen yang cepat, dan memiliki ketahanan yang kuat, Epoxy ini akan sangat dapat Anda andalkan untuk menuntaskan lubang pada beton dan membuat lantai beton mulus kembali dan jauh lebih kuat.

Sistem lantai ini dapat kering dengan cepat dan sangat mudah diaplikasikan, dengan ketahanan yang sangat baik terhadap lalu lintas heavy duty seperti forklift, serta sangat baik ketahanannya terhadap bahan kimia.

Manfaat Epoxy Mortar

Menurut science direct,  manfaat dari epoxy mortar di antaranya adalah:
  • Meremajakan lantai beton
  • Menutup lubang pada lantai
  • Menyambung 2 sisi lantai yang terputus
  • Menguatkan rail atau jalur
  • Membuat level pada lantai
  • Memperbaiki sisi anak tangga
Epoxy Mortar

Perbedaan Epoxy Mortar dengan Epoxy Semen

Untuk harga epoxy satu ini memang relatif lebih mahal, karena sistem lantai ini menawarkan teknologi pengeringan ekstra cepat dan durabilitas tinggi terhadap kimia maupun benturan.

Tapi sebagai ganti harganya yang relatif mahal ini, dipastikan tidak ada jadwal perbaikan-perbaikan beton dalam waktu yang sangat lama dikemudian hari, karena epoxy mortar menyegel lantai beton dengan lapisan super ekstra kuat.

Lantai beton di pabrik mengalami kerusakan serius? Retak atau bahkan berlubang, dan Anda diburu waktu untuk secepat mungkin memperbaiki kerusakannya?

Tenang saja, gunakan jasa Epoxy Mortar dari Zhengou! Hubungi kami untuk mendapat penawaran harga terbaik.

0/5 (0 Reviews)
Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *